Tuesday, January 15, 2013

Cara mengatasi masalah handphone Android yang boot loop

Cara mengatasi masalah handphone Android yang boot loop, tidak mahu start, brick, lupa pin, password atau salah masukkan kunci pola.


Cara melakukan factory reset handphone Android melalui Recovery Mode secara lebih umum.



Apa itu Factory Reset (Reset Data Pabrik) Android?

Factory reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software handphone/tablet Android ke kondisi seperti baru keluar dari kilang. Factory reset pada umumnya dapat menyelesaikan hampir semua masalah yang disebabkan oleh kerosakan software. Sebagai catatan, proses factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal telepon / tablet Android.

Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) > Privacy (privasi) > Factory data reset (reset data pabrik). Namun bila kondisi handphonenya tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.



Apa itu Recovery Mode Android?

Recovery mode Android pada dasarnya adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa type handphone, upgrade software dapat juga dilakukan langsung melalui recovery mode. Tidak semua tablet / handphone Android memiliki recovery mode, namun pada beberapa tipe Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, misalnya ClockwordMod recovery atau xRecovery.

Recovery mode akan sangat berguna bila anda mengalami hal-hal sebagai berikut:

  1. Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini boleh disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan type handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila anda lupa PIN, Password atau anda terlalu banyak melakukan percubaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerosakan-kerosakan software Android lainnya.

Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. Namun sebelumnya, do with your own risk (DWYOR) atau risiko ditanggung sendiri ok ;)


Berikut caranya:

Tahap 1: Masuk ke recovery mode

Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, aAnda harus mematikan dulu handphone / tablet > tekan dan tahan beberapa button Android sekaligus (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersama-sama) > anda akan masuk ke dalam recovery mode.



Cara masuk recovery mode (button yang harus ditekan) berbeza mengikut jenis handphon.

Recovery mode hanya berupa tulisan saja. Dan didalam recovery mode, anda tidak dapat menggunakan touch screen, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan button volume (bergantung jenis handphone Android).



Berikut contoh tampilan recovery mode Android:

mengatasi handphone android lupa pin password atau pola pattern pengunci


Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang anda harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone anda.



Agar anda tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:

  1. Pastikan bateri masih cukup banyak (minimum 70%)
  2. Matikan handphone
  3. Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik > anda akan masuk ke recovery mode Android
  4. Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung
  6. Reboot handphone

Jadi, bila anda mengalami boot loop pada handphone Android atau anda lupa akan kata sendi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data. Sekarang yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak mengetahui cara masuk recovery mode tablet / handphone Android miliknya.

Berikut adalah cara masuk recovery mode beberapa tipe handphone Android, bila ada tambahan type lainnya akan saya update di artikel ini. (diurutkan berdasarkan abjad merk handphone)

Note: Untuk masuk ke recovery mode, semuanya dilakukan dari kondisi handphone mati (off)

ACER

Cara masuk recovery mode Acer BeTouch E210:

Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar (Thanks to Rio)

Cara masuk recovery mode Acer Liquid Metal:

Caranya sama seperti Acer BeTouch E210

CROSS

Cara masuk recovery mode Cross AD350 Android:

Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME (Thanks to Lafit)

CSL

Cara Masuk recovery mode Blueberry CSL Mi 410 Android:

Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME

Cara Masuk recovery mode Blueberry CSL Mi 320 Android:

Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan

HUAWEI

Cara masuk recovery mode Huawei X3:

Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power

Cara masuk recovery mode Huawei X5:

Sama dengan X3, yaitu tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power

IVIO

Cara masuk recovery mode IVIO DE88 (thanks to Priadi)

Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.

SAMSUNG

Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Ace dan Samsung Galaxy Fit Android:

Info lebih lengkap dapat membaca artikel: “Cara mengatasi Samsung Galaxy Mini yang terkunci” (klik)

Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy Gio

Tekan tombol HOME + tombol Power

Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy 551:

Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.

Cara masuk Recovery mode Samsung Galaxy Pro:

Tekan tombol T + Tombol Power

Cara masuk Recovery Mode Samsung Galaxy Y (Young) GSM:

Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Cara Masuk Rec Mode Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:

Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.

Cara Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy W (Wonder):

  1. Matikan handphone
  2. Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo “Samsung”, setelah itu segera lepas tombol ketiga tombol tersebut, dimulai dari tombol power terlebih dahulu.
  3. Bila muncul logo Android / gambar kotak dan anak panah > tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME). Bila tidak berhasil masuk ke recovery mode, ulangi lagi tahap 1.

Cara Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy Tab 7″ (P1000) / Tab 7 Plus (P6200)

Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala



Demikianlah sedikit tutorial cara memperbaiki handphone Android yang tidak dapat start, bootlop, brick, lupa password, PIN, salah memasukkan pattern / pola pengunci Android, dll.
 
 
Semoga berguna bila henpon u olz hang atau blank yea. Kalau antar kedai henpon suruh reboot konpom melayang 50 hengget :)
 
 
 


Photobucket

No comments: